1. China
Cina yang secara resmi merdeka tanggal 1 oktober 1949 mempunyai sistem politik yang berhaluan komunis hal tersebut terlihat lebih nyata setelah mulai ada dominasi partai komunis cina sejak revolusi tahun 1949 walaupun tedapat partai-partai lain tetapi pada prakteknya semua kegiatan politik tidak lepas dari pengaruh PKC.Dalam hal ini yang terlihat adalah adanya pengaruh yang sangat kentara antara PKC dengan struktur lembaga pemerintahan dimana hampir setiap sendi-sendi pemerintahan cina anggotanya berasal dari PKC termasuk didalamnya adalah dua institusi yang memegang peranan utama di Cina yaitu ; kongres rakyat nasional (KRN) seperti yang tertera dalam pasal 57 mengenai konstitusi Cina dIsebutkan bahwa “KRN merupakan organ tertinggi dalam wewenang negara” ,kemudian organ administratif negara adalah dewan negara yang terdiri dari perdana menteri wakil perdana menteri dll.
PKC yang notabenya bisa dikatakan sebagai partai penguasa tunggal dalam strukturnya yang memiliki peran penting adalah politburo atau kongres partai yang diadakan setiap 5 tahun sekali kemudian standing commitee bisa diidentifikasikan sebagai sekumpulan kecil anggota yang mempunyai peran penting dalam pemerintahan hampir sama dengan kongres,sekretariat berada dibawah politburo sebagai badan administratif yang mengimplementasikan hasil dari kongres partai dan standing commitee tadi.
Dominasi dari PKC dapat dilihat dari hampir 66 juta anggota termasuk didalamnya 3.5 juta organisasi banyaknya jumlah anggota PKC dikarenakan PKC menjadi salah satu jalan bagi generasi muda cina untuk mencapai kedudukan didalam pemerintahan.Mengenai pemerintahan Cina pemerintahan cina itu sendiri dibagi menjadi 2 yang pertama adalah organisasi kementrian yang berperan didalamnya antara lain menteri komunikasi menteri perdagangan menteri luar negeri dll tetapi didalamnya masih terdapat lagi banyak sublembaga yang lain.Dewan negara dibawah konstitusi Cina adalah organ administratif utama yang terdiri dari menteri,wakil perdana menteri dan kepala dari semua kementrian dan komisi. Bisa dikatakan sebagai pusat kekuasaan negara sebenarnya karena semua jabatan didalamnya hampir dikuasai PKC fungsi dari dewan negara adalah sebagai pengendali seluruh struktur administratif bersama-sama dengan badan tertinggi PKC menyelenggarakan pemerintahan Cina
Kementrian di Cina merupakan badan yang hirarkial dan terdiri dari pejabat level lokal dan provinsi. Kementrian biasanya dibagi berdasarkan area pertanggungjawabannya. Kementrian seringkali berfungsi seperti operator bebas yg merangkap fungsi menteri seperti mengepalai pegawai-pegawai eksekutif. Karyawan yang bertugas di pemerintahan yaitu PNS. Kemajuan PNS bisa dilihat dari tanggungjawabnya dan tujuannya.
National People Congress (NPC) adalah lembaga legislative yang terdiri dari 1 dewan legislatif dan punya kekuasaan tertinggi dalam pemerintahan di Cina. Anggota NPC dipilih setiap 5 tahun sekali dan dipilih oleh “people’s congresses” yang berasal dari provinsi dan municipal level. People’s Liberation Army (PLA) adalah sebuah lembaga penting di Cina yang mengurusi tentang militer dan sedikit terlibat dalam perpolitikan. PLA bertanggungjawab atas keamanan di darat, laut, dan udara. PLA terbagi dalam lima cabang utama, yakni: angkatan udara, angkatan laut, angkatan darat, pasukan cadangan, dan komando kedua artileri.
Walaupun system kekuasaan di Cina terlihat jelas, namun di China’s center memakai kepemimpinan yang multiple hast, posisi mempengaruhi 3 sistem yaitu partai, pemerintahan dan militer. Ini menambah kesulitan untuk mengetahui proses PRC dalam pembuatan keputusan. Ada juga aktor politik penting lainnya yaitu pejabat resmi dan kelompok-kelompok setengah resmi seperti research group dan think tank; kumpulan Negara sektor, PRC multinational, bahkan perusahaan swasta, media, dan warga Negara yang aktif berbicara yang mempunyai informasi sangat baik. Leading Small Groups (LSG) merupakan bagian dari supra-ministrial yang memfasilitasi consensus-building dan termasuk mengkoordinasikan sebuah partai yang terpencar, pemerintahan dan struktur militer yang tidak dapat menuju struktur birokratik.
Think tank dan lembaga research biasanya disponsori dan sering dikaitkan dengan lembaga pemerintahan. Lembaga ini juga merupakan kebutuhan bagi para pejabat untuk mempunyai akses keahlian yang lebih besar. CCP mempunyai tanggung jawab terhadap sebuah system dari party school, diantaranya menyediakan fasilitas pelatihan untuk party elite. Di dalam system ini, CPS di Beijing mempunyai reputasi yang cukup besar dan penting. CPS adalah institusi pembelajaran tertinggi untuk pejabat partai komunis di Cina. Kelompok kepentingan di Cina biasa disebut dengan princelings. Kelompok ini seringkali berasal dari kerabat pejabat tinggi di Cina, mereka menggunakan hubungan kekerabatan tersebut untuk memperoleh posisi atau menjadi figure penting tanpa melalui prosedur yang diwajibkan, misalnya menjadi figure penting di suatu partai atau pemerintahan.
pemerintahan cina dalam skala yang lebih kecil diantaranya adalah pemerintah lokal dimana Cina sendiri memiliki wilayah yang sangat luas dan terbesar ketiga didunia dalam hal ini terdapat keterkaitan antara pemeritah pusat dengan pemerintah lokal tidak sperti negara yang lain dimana terdapat hubungan saling mempengaruhi satu sama lain di Cina konstitusi tidak mengijinkan pemerintah lokal untuk ikut ambil bagian administratif dalam bidang ekonomi pendidikan keamanan publik dan masih banyak lagi bidang lainnya. Adalah merupakan hal yang sulit untuk mrngoordinir regulasi kebijakan dan juga efektifitas kegiatan administrasi yang pada akhirnya menimbulkan peluang terjadunya korupsi dll karena sifatnya dimana pemerintah daerah melapor ke pusat dan pusat tidak bisa sepenuhnya memonitor tindakan dari pemerintah lokal pemerintah lokalpun uga kesulitan dalam menyampaikan aspirasinya dalam kebijakan poloitik ke pemerintah pusat.seiring dengan perkembangan zaman perpolitikan cina juga mengalami perubahan-perubahan dan juga konsep demokrasi cina yang berhaluan komunis melihat demokrasi jurtru akan mengakibatkan kegoyahan stabilitas nasionalnya oleh karenanya ruang gerak demokrasi dibatasi tp tidak sepenuhnya hilang contoh kecil adalah masih adanya pemilu walaupun pada kenyataanya dominasi tetap ada ditangan pemerintah (PKC).
Perkembangan media massa cina serta dampaknya terhadap kehidupan politik di cina bisa dikatakan cukup besar dimana media massa disini difungsikan sebgai salah satu pengontrol pemerintah dewasa ini selain sebgai pengontrol pemerintah media massa difungsikan juga sebagai komunikator antara lower governence dengan pemerintah pusat.
secara garis besar sistem politik cina mempercayakan pelaksanaan peraturan atau kebijakanya kepada berbagai struktur birokrasi pemerintah militer parpol dll dan kewenangan pembuatan keputusan ada di politbiro PKC dan komite tetap kemudian recruitmen politik adalah difungsikan untuk menunjang kegiatan pemerintahan dalam hal ini PKC.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar